162 CALON HAJI KABUPATEN SIMALUNGUN IKUTI BIMBINGAN MANASIK HAJI

Ketua Panitia penyelenggara bimbingan manasik Haji,  H.Amrisyam, S.Ag. MM saat memperkenalkan tiga petugas pendamping calon Haji dari Kabupaten Simalungun, Rabu (13/6).

Ketua Panitia penyelenggara bimbingan manasik Haji, H.Amrisyam, S.Ag. MM saat memperkenalkan tiga petugas pendamping calon Haji dari Kabupaten Simalungun, Rabu (13/6).

SIMALUNGUN,SUMUT,(BERITA 5 INDONESIA): Sebanyak 162 calon jamaah Haji dari Kabupaten Simalungun mengikuti pembukaan pelaksanaan bimbingan manasik Haji yang diselenggarakan kepala seksi penyelenggara Haji dan Umrah kantor kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Simalungun, Rabu (13/6) di Aula gedung MUI jalan Asahan, Kabupaten Simalungun.

 

Acara pembukaan bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten Simalungun tahun 1440 H/2019 M itu dihadiri kepala Urusan Agama se Kabupaten Simalungun, ormas Islam, BPS BPIH, Wakil Bupati Simalungun, ketua MUI Simalungun. Perwakilan dari Polres Simalungun, DPRD, Dandim 0207 Simalungun dan kejaksaan Simalungun.

 

Manasik Haji..

Panitia penyelenggara bimbingan manasik Haji foto bersama ketua MUI, Wakil Bupati Simalungun dan perwakilan sejumlah instansi di Kabupaten Simalungun, Rabu (13/6).

 

 

kepala seksi penyelenggara Haji dan Umrah kantor Kemenag. Kabupaten Simalungun, H.Amrisyam, S.Ag. MM dalam laporannya ketika acara pembukaan bimbingan manasik Haji tersebut mengatakan, pelaksanaan manasik Haji akan dilaksanakan dalam dua tahapan.

 

Untuk tahapan tingkat Kabupaten dilaksakana selama dua hari, mulai 12 dan 13 Juni 2019 bertempat di gedung MUI, sementara tahap ke dua, manasik tingkat kecamatan akan dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dan ditempatkan di tiga lokasi yaitu kecamatan Siantar, Kecamatan Dolok Batu Nanggar dan kecamatan Bandar.

 

Ditetapkan sebagai nara sumber kegiatan nantinya didatangkan dari Kanwil. Kemenag Prov.Sumut, KKP Prov.Sumut, Kemenag Simalungun dan MUI.

 

“Biaya kegiatan (bimbingan manasik Haji) ini berasal dari Dana DIPA seksi PHU kementerian Agama Kabupaten Simalungun dan PKOH Sumatera Utara,” sebut Amrisyam.

 

Menurutnya, selama proses pendaftaran dan proses pelunasan biaya Haji tahap pertama (19 Maret 2019 sampai 15 April 2019) sampai tahap ke tiga (25 Mei 2019 sampai 31 Mei 2019) ada sebanyak 7 orang calon Haji yang meninggal dunia dari daerah ini. Dan dari data terakhir terhimpunlah jumlah calon Haji yang berangkat dari Kabupaten Simalungun sebanyak 162 orang.

 

Untuk mendampingi calon Haji dari Kabupaten Simalungun dalam pelaksanaan ibadah Haji, sudah ditetapkan tiga petugas terdiri dari petugas menyertai jamaah (ketua kloter), Yardi S.Ag, petugas medis, Rohati Ginting dan petugas Arab Saudi (PPIH), Drs.H.Zunaidi Sitorus.

 

Wakil Bupati Simalungun, H.Amran Sinaga dalam sambutannya pada acara pembukaan manasik Haji tersebut berharap, seluruh calon haji dapat mengikuti seluruh tahapan ibadah yang dianjurkan pembimbingnya. Sehingga diharapkan nantinya, seluruh calon Haji dapat melaksanakan seluruh rukun Haji dan nanti kembali mendapatkan predikat Haji mabrur.(Rizky Siregar).

Berita Terkait