MENARA EIFFEL DI PARIS,GENAP BERUSIA 130 TAHUN

Menara Eiffel di kota Paris dengan pemandangan gedung bertingkat disekitarnya, termasuk sungai Seine di foto dari udara.

Menara Eiffel di kota Paris dengan pemandangan gedung bertingkat disekitarnya, termasuk sungai Seine di foto dari udara.

PARIS,(BERITA 5 INDONESIA): Dari sekian banyak menara yang ada dan dibangun di permukaan bumi ini, salah satu yang terkenal adalah Menara Eiffel di kota Paris ibu kotanya Prancis. Menara ini pada 30 Maret 2019, genap berusia 130 tahun.

 

Menara yang dibangun dengan kontruksi besi-besi baja saling terhubung itu letaknya berada di dekat tepi sungai Seine di Paris.

 

Sejarah menyebutkan, Menara Eiffel dengan struktur besi ini dirancang oleh seorang insinyur asal Prancis, Gustave Eiffel. Tercatat, struktur besi yang disulap oleh Gustave Eiffel itu memiliki bobot 7.300 ton dari total keseluruhan bangunan.

 

Menara Eiffel ini selesai dan dibuka untuk umum pada 1889, sebagai bentuk perayaan seabadnya Revolusi Prancis yang telah selesai pada tahun 1799.

 

Pada awal pembukaan untuk umum, menara Eiffel ini sempat diremehkan karena dianggap merusak pemandangan di Kota Paris. Namun, saat ini Menara Eiffel telah menjadi kebanggaan warga, serta simbol dari negara Prancis itu sendiri.

 

Menara Eiffel juga telah melalui banyak peristiwa bersejarah, salah satu gambar yang paling terkenal adalah foto Pemimpin Nazi Adolf Hitler, saat pasukan Nazi Jerman berhasil menduduki Kota Paris dalam Perang Dunia II 1940.(Sultan AR).

Berita Terkait