SOTO MADURA, UNTUK SAHUR ATAU BERBUKA PUASA

Soto Madura.

Soto Madura.

MADURA,(BERITA 5 INDONESIA): Nah, tidak salahnya kalau untuk pelengkap bersantap sahur atau berbuka puasa kali ini, kita sajikan Soto Madura.

 

Cara membuatnya cukup mudah, siapapun, dipastikan bisa membuatnya.

 

Nah ini, bahan-bahannya :

 

– 1 kg daging ayam. 300 gram tauge yang telah diseduh.10 siung bawang merah

 

– 7 buah bawang putih. 100 gram soun yang telah diseduh.2 sdt merica bubuk. 1 ruas jahe

 

– 1 buah lengkuas. 2 ruas jari kunyit. 4 butir kemiri.4 batang seledri. 4 batang bawang daun

 

– 1 batang serai. 3 lembar daun jeruk. Garam secukupnya. Gula pasir secukupnya

 

– 4 butir telur rebus. Keripik kentang secukupnya. Bawang merah goreng secukupnya

 

– Minyak goreng secukupnya. Air secukupnya

 

Cara Membuat Soto Ayam Madura:

 

Cuci daging ayam sampai bersih, selanjutnya potong menjadi beberapa bagian kemudian rebus dengan menggunakan air secukupnya hingga airnya mendidih serta berkaldu.

 

Sambil menunggu rebusan ayam, uleg hingga halus bawang merah, bawang putih, garam, kunyit, dan juga kemiri. Tumislah bumbu halus ini, selanjutnya masukkan ke dalam kaldu.

 

Angkatlah ayam yang telah direbus, lalu goreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan, selanjutnya suwir-suwir dan sisihkan.

 

Pada rebusan kaldu, masukkanlah jahe dan juga lengkuas yang telah dimemarkan, daun jeruk, serai, dan juga merica bubuk. Tambahkan juga gula dan garam yang secukupnya untuk rasa yang lebih enak. Dan sesudah mendidih, sebaiknya angkat.

 

Tatalah bahan pelengkap soto seperti halnya soun, tauge, daun bawang dan juga daun seledri yang telah diiris tipis, ayam suwir, telur rebus yang sudah iris, bawang goreng, dan juga pelengkapnya yang berupa keripik kentang. Tuangkan kuah sotonya. Sajikan dengan menggunakan sambal sesuai selera anda.(Baginda).

Berita Terkait