PISANG ROTI SOLOK, ENAK DAN RAPUH

Inilah Pisang Roti Solok yang dibudidayakan masyarakat Sumatera Barat.

Inilah Pisang Roti Solok yang dibudidayakan masyarakat Sumatera Barat.

PADANG,SUMBAR,(BERITA 5 INDONESIA): Buah pisang yang satu ini cukup langka terdengar. Namanya Pisang Roti Solok. Selintas, postur buah pisang ini mirip dengan pisang Ambon atau pisang Barangan jika di Sumatera Utara.

 

Pisang Roti Solok, memiliki rasa khas, yaitu manis dan rapuh. Pisang ini oleh masyarakat di Sumatera Barat dijadikan makanan selesai menyantap nasi atau dijadikan makanan santai. Selain dimakan begitu saja, buah pisang ini juga diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti gorengan, keripik dan campuran adonan roti atau kue basah.

 

Masyarakat mencoba memperkenalkan pisang langka ini kepada masyarakat di luar provinsi Sumbar untuk dibudidayakan. Warga peminat dapat membawa pohon pisang ini sebagai oleh-oleh buah tangan.

 

Tanaman pisang yang berasal dari tunas bonggol pisang di tanam dalam volibek. Maksudnya, tunas tanaman pisang itu dapat dibawa dengan mudah.

 

Tidak ada salahnya bagi anda peminat tanaman pisang untuk menambah koleksi jenis pisang yang anda miliki di kebun anda. Apalagi Pisang Roti Solok mempunya nilai komersial ekonomi yang baik untuk dibisniskan. Nah, silakan mencoba ! (Sultan AR).

Berita Terkait