INSPEKTORAT BEKALI MUI P.SIANTAR MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN

Gedung kantor Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP.MUI) kota Pematangsiantar.

Gedung kantor Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP.MUI) kota Pematangsiantar.

PEMATANGSIANTAR,(BERITA 5 INDONESIA): Untuk membuat laporan keuangan hasil dana hibah dari APBD Kota Pematangsiantar agar sesuai dengan standart aturan yang berlaku, Inspektorat Kota Pematangsiantar melakukan sosialisasi kepada Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Kota Pematangsiantar, bertempat di sekretariat MUI Jalan Kartini kota Pematangsiantar, Kamis (11/4).

 

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti seluruh komisi DP MUI Kota Pematangsiantar, mengusung tema, “Sosialisasi mekanisme pembuatan laporan pertanggungjawaban kegiatan dana hibah MUI Kota Pematangsiantar”.

 

Sementara dari kantor Inspektorat, bertindak sebagai nara sumbernya, Nuraini SH didampingi Budi Purba dan dari Kabag. Sosial Pemko.Pematangsiantar, Amsah Saragih. Sementara bertindak sebagai pemandu kegiatan, sekretaris MUI Kota Siantar, M Rasyid.

 

Ketua DP MUI Kota Siantar Drs H M Ali Lubis yang membuka sosialisasi menyebutkan kegiatan sosialisasi tersebut sangat positif dipahami pengurus yang menangani keuangan, sehingga nantinya dapat membuatkan laporan pertanggungjawaban administrasi terhadap penggunaan dana dengan benar.

 

Selain bermanfaat terhadap kepengurusan MUI, pembekalan bisa digunakan untuk pembuatan laporan keuangan bagi pengurus MUI yang bergabung di organisasi lainnya. ”Kita memang punya tanggungjawab secara adminsitrasi. Tetapi, soal penggunaan dana itu, kita juga bertanggungjawab kepada Allah,” ujar Drs H M  Ali Lubis.

 

Materi yang dipaparkan para nara sumber pada dasarnya pembuatan laporan keuangan yang agar mudah ditelaah Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Kemudian, seluruh penyusunan anggaran wajib disertakan berbagai bukti uang masuk dan keluar.

 

Kegiatan sosialisasi itu ditutup oleh bendahara MUI Kota Siantar H Badri Kalimantan yang menyatakan, pihak yang paling terbantu dalam pembekalan soal laporan keuangan tersebut adalah bendahara umum yang tugasnya menerima, menyimpan dan mengeluarkan dana untuk dipergunakan.(Rizky Siregar)

Berita Terkait