SELAMA TIGA BULAN 84.752 BATANG ROKOK ILEGAL BERHASIL DITANGKAP BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN C P.SIANTAR

Dua orang Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C saat memperlihatkan rokok - rokok hasil sitaan.

Dua orang Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C saat memperlihatkan rokok - rokok hasil sitaan.

PEMATANGSIANTAR,(BERITA 5 INDONESIA): Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC-TMP C) Pematangsiantar, berhasil menangkap peredaran rokok ilegal dari pedagang eceran, toko dan grosir rokok di tiga daerah dari tujuh daerah wilayah kerjanya yang meliputi Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo dan Kabupaten Dairi.

 

Kepala kantor KPPBC-TMP C Pematangsiantar, Muh.Gunawan Sani, melalui Kepala seksi Penindakan dan Penyidikan (P2), Fajar Patriawan, di ruang kerjanya, Senin (1/4) kepada BERITA 5 INDONESIA, mengatakan, jumlah rokok yang ditangkap sebanyak 84.752 batang rokok dari berbagai merek, selama tiga bulan, Januari sampai Maret 2019.

 

Penangkapan peredaran rokok ilegal itu dilakukan dalam operasi pasar dan kegiatan sosialisasi kepada pedagang rokok eceran, toko serta grosir tentang ketentuan cukai khususnya barang kena cukai hasil tembakau.

 

Rokok yang ditangkap petugas Bea dan Cukai dari pengecer, toko dan grosir tersebut memiliki pelanggaran rokok tanpa cukai (tidak ditempeli cukai) dan rokok menggunakan pita cukai palsu.

 

Menurut Fajar Patriawan, dari barang rokok yang berhasil ditangkap diperkirakan nilai barang Rp 42.390.000 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 39.749.962. Barang tangkapan selanjutnya di bawah ke kantor KPPBC TMP C Pematangsiantar untuk diproses sesuai dengan ketentuan Undang-undang nomor 39 tahun 2007 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 1995 tentang cukai.

 

Dan kegiatan operasi pasar yang dilakukan kantor KPPBC TMP C Pematangsiantar itu dalam kaitan penekanan peredaran rokok ilegal sampai mencapai 3 persen dari kondisi 7 persen peredaran rokok ilegal tahun 2018. Kantor KPPBC TMP C Pematangsiantar memiliki wilayah kerja satu kota, enam kabupetan terdiri dari Pematangsiantar, Simalungun, Toba Samosir, Dairi, Karo, Pakpak Barat dan Samosir.(Rizky Siregar).

Berita Terkait