WAGUBSU OPTIMIS, KESEHATAN WARGA SUMUT MENINGKAT

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut), Musa Rajekshah saat membuka acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Utara,Selasa (26/3).

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut), Musa Rajekshah saat membuka acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Utara,Selasa (26/3).

MEDAN,(BERITA 5 INDONESIA): Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut), Musa Rajekshah optimis tingkat kesehatan masyarakat Sumut akan meningkat. Hal ini dapat dilakukan jika terwujud sinkronisasi program peningkatan kesehatan antara Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat secara strategis.

 

Hal itu diungkapkannya saat membuka acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Utara, di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa, Selasa (26/3). “Dengan berkolaborasinya semua unsur ini akan dihasilkan penguatan pelaksanaan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta di Sumut,” ujar Wagub Sumut.

 

Wagub Sumut memaparkan saat ini Sumatera Utara tengah dihadapkan dengan berbagai tantangan dan isu-isu yang kritis yang perlu dijawab dengan peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, percepatan eliminasi tuberculosis, percepatan penurunan stunting, percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Neonatal (AKN) serta peningkatan pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.

 

“Kami minta agar rencana aksi yang disusun dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan. Sebab tantangan ke depan pembangunan kesehatan akan semakin berat, terutama dalam menghadapi era globalisasi yang menuntut kita dapat berkompetisi dengan daerah-daerah bahkan negara-negara yang sudah lebih maju,” ujarnya.

 

Sementara itu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM, memberi apresiasi terhadap semangat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk melakukan peningkatan kesehatan di Sumut. “Saya pribadi memberi apresiasi kepada Pemprov Sumut atas pembangunan kesehatan di Sumut untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,” katanya.

 

Di tempat yang sama Kadis Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Drs Agustama, Apt, Mkes menginformasikan bahwa sebelum Rakerkesda dimulai pihaknya telah mengadakan Pra Rakerkesda dengan agenda diskusi Kabupaten/Kota dan Provinsi terkait dengan 5 aksi program prioritas kesehatan yang harus dicapai tahun 2019-2020.

 

Turut hadir Sekjen Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi, Staf Khusus Menteri Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan, Donald Pardede, pejabat tinggi pratama di lingkungan Kementerian Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Sumut, Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se Sumut, Direktur RSUD se Sumut, Universitas dan organisasi profesi kesehatan di Sumut.(Baginda).

Berita Terkait