INI DI CHINA, DINDING GEDUNG DIHIASI DENGAN AIR TERJUN

Inilah gedung di kompleks Liebian Building di Guiyang, China yang dihiasi dengan air terjun di dinding gedung.

Inilah gedung di kompleks Liebian Building di Guiyang, China yang dihiasi dengan air terjun di dinding gedung.

CHINA,(BERITA 5 INDONESIA): Kalau cerita air terjun, sebenarnya sudah biasa diceritakan dan pada umumnya air terjun itu muncul di daerah-daerah yang memiliki alam pebukitan dan lembah. Maka air yang mengalir dari puncak pebukitan ke lembah itulah yang menjadikan sebuah air terjun.

 

Tetapi tidak dengan di China, tepatnya kompleks Liebian Building di Guiyang, China. Di daerah ini terdapat air terjun unik dan menarik. Air terjun itu dibangun di dinding salah satu gedung pencakar langit yang dibangun di kawasan tersebut.

 

dikutip dari laman Fortune, menyebutkan, air terjun tersebut tercatat yang terbesar dan tertinggi yang pernah ada di dunia ini. Air terjun itu menempel di Liebian International Plaza, sebuah hotel yang juga menjadi pusat perbelanjaan dan perkantoran.

 

Untuk membuat air terjun buatan setinggi 121 meter ini dibutuhkan empat pompa air berkekuatan 185 kilowatt. Biaya operasi air terjun mencapai 800 Yuan atau setara Rp 1,7 juta per jam. Air yang jatuh harus dipompa kembali ke atas dengan pompa listrik berkekuatan tinggi.

 

Manajemen pengelola air terjun itu mengatakan, inovasi air terjun ini tidak membuang-buang air lantaran air yang digunakan adalah air daur ulang dari hujan. Lebih jauh mereka mengklaim air terjun buatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Guizhou.

 

Guizhou sendiri kini telah berkembang menjadi salah satu provinsi yang pertumbuhannya paling cepat di China. Di kawasan ini ada beberapa megaproyek yang sedang dalam proses pembangunan untuk mengubah wajah provinsi ini menjadi magnet bagi wisatawan dunia. Mulai dari jembatan tertinggi di dunia hingga atraksi hyperloop yang bakal segera terealisasi.(Baginda).

Berita Terkait