PIPA ”KENCING” DI JALAN LINTAS BARAT SUMUT, PEMATANGSIANTAR

Tampak pipa air di bawah bak kontrol di jalan Lintas Barat Sumut, di kota Pematangsiantar, milik PDAM Tirta Uli Pematangsiantar, seperti ‘kencing’

Tampak pipa air di bawah bak kontrol di jalan Lintas Barat Sumut, di kota Pematangsiantar, milik PDAM Tirta Uli Pematangsiantar, seperti ‘kencing’

PEMATANGSIANTAR,(BERITA 5 INDONESIA): Sebuah pipa yang terletak di bawah badan jalan, tepatnya di dalam lubang bak kontrol di jalan Lintas Barat, Sumut atau tepatnya di jalan Sisingamangraja, depan perumahan Jompo kota Pematangsiantar, sudah lama menjadi pusat perhatian warga masyarakat yang sedang melintas di tempat itu.

 

Pasalnya, setiap hari, dari dalam bak kontrol yang dibuat PDAM Tirta Uli Pematangsiantar itu selalu terdengar suara air "muncrat" dan jika dilihat ke dalamn lubang yang tutupnya terbuka itu, seperti pipa tersebut sedang "kencing".

 

Maka warga di sekitar itu menyebutnya pada lokasi tersebut dengan sebutan pipa "kencing".

 

Air yang muncrat dari pipa tersebut cukup deras, sehingga, bak yang ukurannya satu meter persegi dan dalam hampir dua meter itu dipenuhi air "kencing" tersebut.

 

Airnya cukup bersih, karena memang air itu lepas dari pipa air PDAM Tirta Uli. Dan warga masyarakat yang membutuhkan air seperti untuk keperluan menyiram tanamanan dan sebagainya, mengambil dari saluran pipa yang kencing itu.

 

Humas PDAM Tirta Uli Pematangsiantar, M.Iwan Lubis, yang dikonfirmasi wartawan BERITA 5 INDONESIA soal pipa "kencing" tersebut, menyatakan tidak mengetahuinya. Dan dia baru mendengar informasi pipa "kencing" itu dari wartawan.

 

Dia mengakui, banyaknya jumlah air milik PDAM Tirta Uli Pematangsiantar yang "hilang" kejadiannya seperti kasus pipa "kencing" di jalan Sisingamangaraja Pematangsiantar itu. Selebihnya, kehilangan air milik perusahaan adalah akibat sengaja dicuri atau pencurian dari pipa distribusi. Dan menurutnya, tingkat kehilangan air PDAM Tirta Uli Pematangsiantar berada pada angka 29 persen non Revenue Water (NRW).(Rizky.S).

Berita Terkait