BPJS KESEHATAN P.SIANTAR LAKSANAKAN FORUM KOMUNIKASI DI TOBA SAMOSIR

Tampak suasana pertemuan forum Komunikasi dengan kalangan pemangku kepentingan di Kabupaten Toba Samosir,bertempat di kantor Bupati Toba Samosir,Kamis,(28/2).

Tampak suasana pertemuan forum Komunikasi dengan kalangan pemangku kepentingan di Kabupaten Toba Samosir,bertempat di kantor Bupati Toba Samosir,Kamis,(28/2).

PEMATANGSIANTAR,(BERITA 5 INDONESIA): BPJS kesehatan Cabang Pematangsiantar melaksanakan forum komunikasi dengan kalangan pemangku kepentingan di Kabupaten Toba Samosir, bertempat di kantor Bupati Toba Samosir, Kamis,(28/2).

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Windharlan Siallagan, kepada BERITA 5 INDONESIA menyebutkan, kegiatan itu dihadiri oleh Bupati Toba Samosir Darwin Siagian dan para Kepala SKPD terkait. Sementara dari BPJS kesehatan hadir Kepala Bidang PPK Hendra Lubis, serta Kepala Kantor BPJS kesehatan Kabupaten Toba Samosir, Dolok Siagian.

 

Menurut Windharlan Siallagan, dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tentu BPJS Kesehatan membutuhkan dukungan dari stake holder lainnya yaitu dari unsur pemerintah daerah.

 

Pemerintah Daerah (Pemda) memegang peran penting dalam program JKN-KIS, yakni memperluas cakupan kepesertaan JKN-KIS dengan mengintegrasikan Jamkesda kedalam Program JKN agar tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di daerah, meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta, dan peningkatan kepatuhan Badan Usaha agar mendaftarkan karyawannya sebagai Peserta JKN-KIS.

 

Diharapkan seluruh Provider Program JKN-KIS dilingkungan Dinas Kesehatan Toba Samosir untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada Peserta JKN-KIS baik yang berkunjung ke Puskesmas ataupun RS Pemerintah.

 

“Percepatan pendaftaran peserta JKN-KIS khususnya dari Segmen PPU sehingga diharapkan wilayah Kabupaten Toba Samosir mampu mengejar UHC (Universal Health Coverage),” kata Siallagan.

 

Hingga saat ini diketahui bahwa BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar telah bekerjasama dengan 155 FKTP dengan rincian 84 Puskesmas, 15 Dokter Praktek Per orangan dan 56 Klinik. Sementara itu untuk FKRTL, BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar telah bekerjasama dengan 17 Rumah sakit 7 Apotek, dan 7 Optik.

 

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, menyebutkan, Provider Program JKN-KIS yang berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Balige, berkomitmen untuk meningkatkan terus mutu pelayanan bagi Peserta JKN-KIS dan tentunya untuk mencapai itu dibutuhkan langkah langkah tepat serta Koordinasi dengan antar lintas Instansi.

 

“Semoga dengan adanya forum komunikasi dan kemitraan ini dapat memberikan solusi dan mempererat koordinasi antar instansi dengan memberikan masukan dan saran untuk pelayanan kesehatan yang lebih maksimal bagi peserta JKN-KIS," ungkap Darwin.(Rizky.S).

Berita Terkait