ANDA PEMINAT JENGKOL, INI PERLU DIKETAHUI

Inilah Buah Jengkol.

Inilah Buah Jengkol.

BOGOR,(BERITA 5 INDONESIA): Buah Jengkol, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki aroma dan rasa khas. Peminatnya cukup banyak, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

 

Dan masyarakat juga cukup pandai mengolah bahan buah jengkol itu menjadi sajian yang dapat mengundang selera untuk menikmatinya. Yaitu mulai dari olahan mentah sampai olahan rendang dan olahan goreng, berupa keripik jengkol.

 

Pokoknya, buah jengkol yang merupakan buah asli negara-negara Asia Tenggara ini mampu mengisi seteleng makanan restoran berbintang sampai ke bakul pedagang keliling.

 

Buah jengkol mengandung karbohidrat mentah sebanyak 26 persen, 1,8 persen lemak dan vitamin A, B serta unsur pangan, fosfor, kalsium dan zat besi.

 

Dan di dalam kandungan buah jengkol terdapat senyawa aktip berupa asam jengkolat yang mengandung unsur sulfur. Dan karena unsur itulah maka jengkol memiliki bau khas tajam tak sedap.

 

Asam jengkolat dapat menyebabkan keracunan bagi pemakannya. Buah jengkol tua lebih banyak kandungan zat asam jengkolatnya dibanding dengan buah jengkol muda.

 

Keracunan jengkolat muncul setelah 5-12 jam mengkonsumsi buah jengkol itu. Tanda-tandanya, timbul perasan mual, nyeri pinggang, nyeri perut terkadang disertai muntah.

 

Untuk mengatasi jika terserang keracunan zat jengkolit itu adalah dengan banyak minum air putih. Jika sakit berlanjut, sebaiknya pergi ke dokter.

 

Perlu diingatkan, jangan mengkonsumsi jengkol pada saat perut kosong serta jangan mencapur jengkol dengan minuman atau makanan yang bersifat asam.

 

Selanjutnya disarankan, jangan memakan jengkol mentah. Masaklah buah jengkol sampai matang betul, karena dengan cara ini dapat memecah kandungan asam jengkolat sehingga konsenterasinya berkurang. Terakhir, jangan terlalu banyak memakan jengkol. Itu disarankan. Okey.(Fadhila).

Berita Terkait