IMIGRASI PEMATANGSIANTAR LAYANI PENDAFTARAN ONLINE UNTUK PEMBUATAN PASPOR

Kantor Imigrasi Pematangsiantar.

Kantor Imigrasi Pematangsiantar.

PEMATANGSIANTAR,(BERITA 5 INDONESIA): Kantor Imigrasi kelas II Pematangsiantar menyuguhkan program antrean pendaftaran secara online dalam pengurusan Paspor.

 

Menurut kepala kantor Imigrasi Pematangsiantar, Alrin Tambunan kepada wartawan, Senin (12/12) dengan cara online, pelayanan untuk permintaan paspor akan menjadi semakin mudah, karena tidak perlu lagi antre hingga berjam-jam di loket kantor Imigrasi. Selain itu cara ini sebagai upaya mencegah penumpukan pemohon paspor di kantor Imigrasi.

 

Dengan aplikasi online dapat mengatur sendiri waktu hari dan tanggal, kapan masyarakat akan datang ke kantor Imigrasi. ”Pemohon dapat menentukan sendiri waktunya dan di lokasi mana dia ingin mengurus paspor,” sebut Alrin Tambunan dan menambahkan, saat ini pendaftar online sebanyaknya 7 buku setiap hari sejak dibuka pada akhir Nopember lalu.

 

Wilayah kerja kantor Imigrasi Pematangsiantar meliputi Kabupaten Simalungun, Tapanuli Utara, Tobasa, Samosir, Pakpak Barat, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Pematangsiantar.

 

Bagi masyarakat yang ingin menguruskan paspornya diharapkan untuk melengkapi beberapa persyaratan, seperti KTP elektronik, kartu keluarga, akta kelahiran, ijazah, buku nikah, surat baptis asli dan fotocopy di kertas A4.

 

Baca Juga : PDAM TIRTA ULI, LUNCURKAN PELAYANAN PRIMA, AKSES JUMLAH TAGIHAN ADA DI GENGGAMAN

 

Bagi yang ingin melakukan pergantian paspor, diharapkan membawa paspor lama dan KTP elektronik bagi paspor yang diterbitkan di dalam negeri tahun 2009 ke atas.

 

Persyaratan tambahan, Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi No.IMI.0277.GR.02.06 Tahun 2017 tanggal 24 Februari 2017 tentang pencegahan TKNI non prosedural.

 

Baca Juga : PERANGKAT E – TOL DI TOL SEI RAMPAH – KUALANAMU BANYAK MASALAH

 

“Ini juga harus melampirkan surat rekomendasi dari Disnakertrans bagi CTKI lengkap dengan ID TKI yang valid dan surat rekomendasi dari kementerian Agama & Biro Jasa Travel Haji dan Umrah bagi yang akan menjalankan ibadah haji khusus dan umrah Surat rekomendasi tidak berlaku bagi pejabat negara, PNS/TNI/Polri dan pemohon paspor dapat melakukan pembayaran di 78 bank persepsi melalui ATM BRI, Mandiri, BNI dan BCA,” sebut Alrin Tambunan.(Lia.S).

Berita Terkait