TOL SEI RAMPAH – KUALANAMU, SUMUT, MAHAL !

Tampak, pintu Tol Kualanamu, sepi kenderaan, Kamis (9/11).

Tampak, pintu Tol Kualanamu, sepi kenderaan, Kamis (9/11).

MEDAN,(BERITA 5 INDONESIA): Awalnya, jalan Tol Tebing Tinggi – Kualanamu di Sumut untuk menguari padatnya lalu lintas di jalur jalan lintas Sumut selama ini. Namun, setelah jalan Tol dioperasikan dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo, baru-baru ini, kondisi kenderaan yang melintas di jalan provinsi tetap padat dan stress, sementara jalan Tol sepi dari lalu lintas.

 

Pengguna jalan Tol dari Sei Rampah ke Kualanamu, sepi, atau dapat dihitung jari. Kenapa? Jawaban yang dilontarkan para pengemudi, biaya Tol tersebut sangat mahal. Akhirnya, pengemudi tetap menggunakan jalur jalan biasa yang padat, semeraut dan membuat stress para pengguna jalan itu.

 

Baca Juga: INI KATA PRESIDEN JOKO WIDODO SOAL 2 PIMPINAN KPK YANG DILAPOR KE BARESKRIM

 

Mahalnya biaya Tol Sei Rampah ke Kualanamu atau sebaliknya, Kualanamu – Sei rampah, beberapa hari ini sudah mulai di "ramaikan" kalangan anggota DPRD Sumut.

 

“Saya minta kepada pemerintah (Gubsu) agar tarif Tol dipertimbangkan kembali karena sudah banyak yang mengeluhkan tarifnya yang mahal,” kata anggota DPRD dari komisi A, Brilian Moktar dan Astrayuda Bangun kepada wartawan, Rabu (8/11).

 

Baca Juga: KPK RESMI UMUMKAN, SETYA NOVANTO JADI TERSANGKA LAGI

 

Bahkan para anggota DPRD Sumut itu memberikan penilaian, harga tarif Tol Sei Rampah – Kualanamu yang diperkirakan jaraknya hanya 42 km, sebesar Rp 41.000 terlalu mahal. Dan kalangan anggota DPRD Sumut itu memberikan gambaran, di Jakarta, dengan hanya mengeluarkan biaya jasa Tol sebesar Rp 25.000 saja, pengemudi sudah keliling Jakarta. Untuk itulah, ketetapan biaya Tol di Sumut dirasakan sangat - sangat mahal, sehingga masyarakat pengguna jalan merasa tidak sanggup untuk melintasi jalan Tol yang baru diresmikan tersebut.

 

Seperti diketahui, pihak pengelola jalan Tol di Sumut, Jasa Marga menetapkan tarif Tol, dari Kualanamu ke Lubuk Pakam untuk golongan I sebesar Rp 11.500. Tarif Tol Kualanamu – Perbaungan Rp 24.000, Kualanamu – Teluk Mengkudu Rp 33.000 dan Kualanamu – Sei rampah Rp 41.000.

 

Jalan Medan - Siantar padat merayap

(Sementara, kondisi di jalan Lintas Sumut Lubuk Pakam- Tebing Tinggi, kenderaan berat padat merayap, Kamis, (9/11).

 

Kalangan Anggota DPRD Sumut diharapkan dapat mendesak Gubernur Sumatea Utara HT.Erry Nuradi agar "berani" dan peduli meminta pihak pengelola jalan Tol tersebut untuk meninjau tarif yang diberlakukan sebelumnya, karena masyarakat Sumut menilai tarif Tol di Sumut itu mahal ! (Cokro).

Berita Terkait